Mengubah Posisi Tidur Dapat Mengurangi Mendengkur

Apakah Anda termasuk orang yang suka mendengkur ? Atau Anda mempunyai pasangan yang mendengkur saat tidur ? Nah ada cara yang sangat sederhana untuk mengurangi mendengkur, yaitu dengan mengubah posisi tidur. Jika selama ini Anda atau pasangan Anda biasa tidur dengan posisi terlentang maka sebaiknya posisi tidur Anda atau pasangan Anda dirubah kearah samping (tidur dengan posisi miring). Posisi tidur miring dapat mengurangi mendengkur jika tidak ada faktor lain yang menyebabkan mendengkur, misalnya kegemukan.
Mendengkur jangan dianggap sesuatu yang remeh atau biasa saja, karena mendengkur selain menimbulkan gangguan pada pasangan Anda, juga membahayakan kesehatan. Mendengkur saat tidur sering disertai dengan sleep apnea (henti nafas saat tidur ), jika sleep apnea terjadi berkali-kali selama tidur maka pasokan(suplai) oksigen ke otak tidak lancar atau tidak cukup, sehingga orang yang mendengkur akan merasa kurang fit saat bangun pagi.

Banyak ahli yang menyarankan bahwa orang yang sering mendengkur saat tidur tidak boleh tidur dalam posisi berbaring/terlentang, karena gaya gravitasi menyebabkan organ-organ dalam laring turun dan mempersempit saluran udara, sehingga bergetar saat dilewati udara. Hal inilah yang menyebabkan mendengkur.

Jika Anda tidur dalam posisi menyamping/miring maka dapat mengurangi efek gravitasi pada laring sehingga mendengkur juga akan berkurang. Menurut NY Times, posisi tidur menyamping dapat mengurangi 54 persen mendengkur.

Jika Anda termasuk orang yang gemuk, maka mengubah posisi tidur mungkin tidak cukup untuk mengurangi mendengkur. Pada orang gemuk, selain mengubah posisi tidur juga harus dilakukan pengurangn berat badan dengan diet dan olahraga.

Ditulis dalam Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: