Olah Raga Untuk Orang Gemuk (obesitas)

Olahraga adalah salah satu cara penting untuk mengatasi masalah obesitas. Mencapai berat badan yang ideal adalah sesuatu yang sangat penting bagi kesehatan, karena jika terlalu gemuk akan meningkatkan resiko lebih besar menderita berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke), hipertensi, diabetes.
Walaupun olahraga sangat penting bagi orang yang obesitas untuk menurunkan berat badan, tetapi perlu diketahui bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami cedera saat melakukan berolahraga. Karena alasan tersebut maka orang gemuk harus bisa memilih olahraga yang memberikan manfaat tanpa memberikan resiko cidera.

Secara umum orang yang obesitas harus menghindari olah raga yang terlalu keras atau memaksa karena akan menyebabkan kesulitan bernafas dan harus dihindari olahraga yang membrikan tekanan pada sendi yang terlalu besar.

Menurut Helium, ada beberapa olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh orang gemuk, antara lai :

1. Jalan kaki
Olahraga sederhana ini bisa dilakukan dimana saja. Mulailah dengan jarak pendek dan lakukan secara rutin setiap hari. Setelah 1-2 minggu, tambahkan jarak tempuh dan secara bertahap kemudian tambahlah jarak tempuh dan durasi (lama) berolahraga.

2. Melatih otot
Salah satu contohnya adalah melakukan latihan otot perut, berbaringlah di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki menempel dilantai, dan kemudian dengan menggunakan otot perut Anda angkatlah dada, leher dan kepala. Mulailah dengan melakukan sebanyak 10 kali, kemudian secara bertahap porsinya ditambah.

3. Renang
Latihan ini sangat dianjurkan karena memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami cidera dan tidak memberikan tekanan yang berlebihan. Anda bisa memulai berenang seminggu sekali.

4. Bersepeda
Latihan ini adalah pilihan yang baik bagi orang-orang obesitas dan dapat membakar banyak kalori dalam tubuh.

Kunci utama bagi orang-orang dengan kelebihan berat badan (obesitas) dalam berolahraga adalah tidak terlalu memaksa dalam melakukan olahraga agar terhindar dari cidera. Mendapatkan kesehatan dan stamina yang lebih baik adalah sebuah perjalanan, oleh karenanya harus dilakukan secara bertahap dan berkesimnambungan (kontinyu).

Ditulis dalam kegemukan, obesitas, olahraga, olahraga untuk orang gemuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: