Tips Mengatasi Bau Mulut

Pernahkan Anda merasa kurang percaya diri atau malu ketika aroma yang keluar dari mulut Anda kurang sedap, sehingga membuat lingkungan disekitar Anda kurang nyaman. Bau mulut merupakan masalah serius bagi sebagiaa orang. Bau mulut yang berkepanjangan tentu saja akan memberikan citra negatif terhadap seseorang.
Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal antara diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, hati, dan gangguan pencernaan.

Jika Anda ingin terbebas dari bau mulut yang kurang sedap, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini yang dikutip dari ABCNews.

  1. Perawatan Gigi Teratur : Cara termudah untuk mencegah bau mulut adalah dengan perawatan mulut yang baik. Perlu diketahui bahwa gigi berlubang, kerusakan gigi dan penyakit gusi, dapat menjadi penyebab bau mulut. Sikat gigi dua kali sehari dan bersihkan sela-sela gigi dengan dental floss setidaknya sekali sehari dapat menghilangkan plak dan bakteri pada gigi dan gusi yang menjadi sumber bau mulut. Pastikan juga Anda mengunjungi dokter gigi dua kali setahun untuk pemeriksaan rutin dan pengobatan jika diperlukan.

  2. Bersihkan lidah : Permukaan lidah Anda adalah tempat utama bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri yang banyak di permukaan lidah dapat menyebabkan bau mulut (halitosis). Kebanyakan orang mengabaikan permukaan lidah saat mengosok gigi.Untuk mencegah bau mulut sebaiknya saat sikat gigi, Anda juga membersihkan permukaan lidah dengan menyikat dari arah belakang ke depan.
  3. Makan makanan bebas gula : Mengunyah permen karet atau permen penyegar nafas merupakan pilihan dari sebagain orang untuk mengatasi masalah bau mulut. Tetapi jika Anda memilih permen dengan kandungan gula yang cukup tinggi maka bukannya bau mulut berkurang malah akan bertambah buruk. Karena kadar gula pada permen akan mempercepat pertumbuhan bakteri pada mulut dan bau mulut akan makin parah. Jadi sebaiknya pilih makanan yang bebas gula.
  4. Jagalah Mulut Tetap Basah : Air liur mengandung enzim yang membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.
  5. Perbaiki Diet (Pola Makan) : Mungkin beberapa dari Anda memilih pola diet yang rendah karbohidrat dan tinggi protein untuk menjaga kesehatan dan memperoleh berat badan yang ideal. Pola makan tersebut akan meningkatkan pembakaran lemak karena sumber kalori yang lain tidak ada. Perlu diketahui bahwa pembakaran lemak akan menghasilkan produk zat kimia yang disebut keton. Jika keton menumpuk dalam tubuh , kemudian akan dilepaskan / dibuang melalui pernafasan yang akan menyebabkan bau kurang sedap pada mulut. Jika Anda mengalami masalah ini sebaiknya pola makan Anda diperbaiki dengan cara menambah asupan kalori.
  6. Minum teh : Minum teh tidak hanya menenangkan jiwa Anda. Menurut American Society for Microbiology pada pertemuan tahunan mereka, minum teh dapat membantu meringankan hilotosis (bau mulut). Penelitian di Universitas Illinois di Chicago, mendapatkan bahwa kandungan polypenols pada teh hitam dan hijau, dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  7. Obat Herbal : Kapulaga, ramuan alami yang sering ditemukan dalam masakan India, diketahui mengandung bahan antibakteri. Kapulaga telah lama dipercaya sebagai penyegar nafas alami. Cineole, yang terdapat pada Kapulaga merupakan antiseptik untuk membunuh bakteri dan mengurangi bau mulut.Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba biji adas atau obat herbal lainnya.
  8. Kunjungi dokter : Jika masalah bau mulut terjadi berkepanjangan maka Anda sebaiknya mengunjungi dokter karena bau mulut bisa merupakan gejala dari beberapa penyakit lain seperti :diabetes, infeksi sinus kronis, dan gangguan hati dan ginjal.
Ditulis dalam bau mulut, Kesehatan, kesehatan gigi, masalah gusi, penyebab bau mulut, tips mengatasi bau mulut, tips sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: