Komposisi, Khasiat dan Manfaat Air Kelapa

Air kelapa, khususnya air kelapa muda, sejak lama telah dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Letaknya yang terlindung oleh tempurung yang keras dan sabut kelapa yang tebal, menyebabkan air kelapa merupakan minuman yang steril, bebas dari segala bentuk kontaminasi (fisik, kimia, dan mikrobiologi).

Jumlah air per butir kelapa muda sangat bervariasi, tergantung dari ukuran buahnya. Secara umum kadarnya tidak kurang dari 250 ml per butir. Komposisi gizi air kelapa muda sangat bervariasi, tergantung kepada varietas kelapa dan umur buah. Air Kelapa mengandung gula, mineral, asam amino dan vitamin dalam komposisi yang seimbang (baca komposisi lengkap air kelapa).

Jenis gula yang terkandung pada air kelapa adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Beberapa jenis kelapa ada yang memiliki kadar gula sebesar 3 persen pada air kelapa tua dan 5,1 persen pada air kelapa muda. Itulah yang menyebabkan air kelapa muda berasa lebih manis daripada air kelapa tua.

Asam amino yang banyak terkandung pada air kelapa adalah asam glutamat, arginin, leusin, lisin, prolin, asam aspartat, alanin, histidin, fenilalanin, serin, sistin, dan tirosin. Vitamin yang banyak terkandung pada air kelapa adalah vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat.

Jenis mineral terbanyak yang terdapat pada air kelapa adalah potasium (kalium). Mineral lain yang terdapat dalam jumlah cukup banyak kalsium, magnesium, dan klorida, sedangkan dalam jumlah sangat sedikit adalah sodium (natrium).

Manfaat dan Khasiat Air Kelapa
Komposisi yang sangat luar biasa dari air kelapa menyebabkan air kelapa mempunyai potensi yang sangat besar sebagai cairan untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit. Air kelapa dipercaya sejak dahulu sebagai obat dan beberapa penelitian terakhir membuktikan bahwa air kelapa mempunyai manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat (khasiat) air kelapa adalah :

Cairan Rehidrasi
Air kelapa bersifat isotonik kaya akan elektrolit dan potassium sehingga sangat baik sebagai cairan untuk mengatasi dehidrasi.

Melindungi Jantung
Menurut Andrea Giancol RD, juru bicara American Dietetic Association diet tinggi kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Membantu Pemulihan
Mabuk sehabis pesta semalam suntuk? Air kelapa kadang dicari sebagai solusi mengatasinya. Alasan sebenarnya bukanlah karena air kelapa memulihkan kondisi karena mabuk, tapi karena kandungan H2O menggantikan cairan yang terkuras karena alkohol. Air kelapa juga melumasi ginjal Anda sehingga tetap terhidrasi dengan baik.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.

Pemecah Batu Ginjal
Air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.

Bikin Awet Muda ?
Ada rumor yang mengatakan kalau air kelapa bisa membuat Anda terlihat lebih muda. Kenyataannya, air kelapa mengandung cytokinins, hormon alami yang terdapat dalam tanaman untuk memperlambat penuaan pada buah. Hal ini pernah diteliti di Molecules, namun sayangnya belum terbukti kebenarannya pada manusia.

berbagai sumber

Ditulis dalam air kelapa, khasiat air kelapa, komposisi air kelapa, sehat alami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: