17 Tips Mengatasi Insomnia

Anda mungkin akan merasa frustasi ketika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, apalagi jika esok harinya Anda harus bangun pagi untuk mengerjakan beberapa kegiatan penting seperti pertemuan dengan klien di kantor atau harus menghadiri atau melakukan presentasi penting.

Kesulitan dalam mendapatkan tidur di malam hari, atau tidak bisa tidur di malam hari dikenal sebagai insomnia. Insomnia diderita oleh banyak orang, dengan penyebab yang sangat beragam. Untuk mengatasi insomnia ada 17 tips mengatasi insomnia yang diberikan oleh Dr Ronald Seorang direktur Popper seorang pendiri Southern California Pulmonary & Sleep Disorder Medica Center seperti yang dikutip dari huffingtonpost.

1. Jangan memaksa: Pergilah ke tempat tidur hanya saat Anda merasa mengantuk, jangan memaksakan diri untuk tidur/menutup mata Anda.

2. Tidak lebih, tidak kurang: Tidur selama yang Anda butuhkan untuk membuat tubuh Anda terasa segar keesokan harinya.

3. Buatlah jadwal tidur yang teratur: Usahakan bangun tidur pada jam yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan (hari libur).

4. Rutinitas: Cobalah untuk membuat jadwal rutin setiap hari.

5. Lakukan aktivitas fisik: Olah raga secara teratur. Melakukan aerobik selama 4-6 jam sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih mudah. Namun, sebaliknya, olahraga yang dilakukan awal tidak akan mempengaruhi tidur Anda. Sementara latihan yang dilakukan dekat dengan waktu tidur Anda benar-benar akan membuat Anda membuat Anda kesulitan untuk tidur.

6. Katakan tidak terhadap kafein: Hindari kafein enam jam sebelum tidur. Kafein dapat ditemukan dalam kopi, teh, soda minuman, coklat, dan produk tembakau.

7. Tutup telinga Anda: Jika kebisingan yang mengganggu tidur malam Anda, mengenakan earphone untuk memblokir suara yang mengganggu dapat mempermudah Anda tertidur.

8. Tetap tenang: Meskipun ruangan yang terlalu panas atau dingin dapat mengganggu tidur Anda, tetapi Anda harus berusaha tetap tenang.

9. Camilan di tengah malam: Kelaparan dapat mengganggu tidur Anda. Sebuah kudapan atau makanan ringan dapat membantu Anda untuk tidur. Tetapi ingat jangan mengkonsumsi makanan berat ditengah malam karena malah akan menyebabkan Anda lebih susah tidur.

10. Hindari minuman beralkohol: Alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, tetapi orang yang tidur akibat minum minuman beralkohol biasanya tidak tidur nyenyak dan umumnya tidak menyegarkan tubuh.

11. Jangan mengambil pil: penggunaan pil tidur untuk membantu tidur ternyata tidak efektif untuk kebanyakan kasus insomnia.

12. Jangan tidur siang di siang hari: Cobalah untuk menghindari tidur siang karena Anda mungkin merasa lebih sulit untuk tidur di malam hari.

13. Jangan hanya berbaring: Jika Anda tidak bisa tidur, jangan hanya berbaring dan diam di tempat tidur sambil “berjuang untuk bisa tidur”. Solusinya adalah untuk keluar dari tempat tidur dan lakukan sesuatu yang membuat Anda merasa mengantuk dan santai sampai Anda siap untuk tidur.

14. Hanya gunakan kamar tidur untuk tidur dan seks: kamar tidur Anda harus digunakan hanya untuk kegiatan tidur dan seksual saja. Kegiatan lain yang dilakukan saat terjaga harus dilakukan di kamar lain. Ini termasuk kegiatan menonton televisi, membaca, menerima telepon, berdebat atau memiliki diskusi panjang, bekerja di tempat tidur dapat mengganggu tidur Anda.

15. Tahu saat yang tepat: Jika aktivitas seksual cenderung mengarah pada kegembiraan bukannya menenangkan, hal itu harus dilakukan di waktu lain, bukan sebelum tidur, atau harus dilakukan di tempat lain bukan di kamar tidur.

16. Jauhkan Jam : Jika Anda cenderung untuk selalu melihat jam, jauhkanlah jam dari pandangan Anda, sehingga Anda tidak dapat melihatnya lagi. Melihat jarum jam bergerak akan memperburuk insomnia Anda.

17. Membuat ritual tertentu: Jika ada sebuah ritual sebelum tidur yang dapat membantu Anda merasa rileks, maka lakukanlah ritual tersebut untuk membantu Anda tertidur. Namun, kegiatan harus dilakukan di luar kamar tidur. Seperti membaca buku, menonton televisi, meditasi, doa atau ibadah, mandi air hangat, atau minum segelas susu.

Ditulis dalam gangguan tidur, insomnia, tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: