Tidur Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan karena saat tidur terjadi perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Beberapa manfaat tidur bagi kesehatan telah diungkapkan oleh para ahli, satu diantaranya adalah tidur mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti yang dikutip dari mayo clinic.

Selama tidur, sistem kekebalan (imunitas) tubuh akan mengeluarkan protein yang disebut sitokin. Sitokin adalah protein sistem kekebalan yang berfungsi sebagai alat proteksi terhadap infeksi, peradangan, dan stres. Peningkatan sitokin saat tidur sangat diperlukan khususnya dalam memerangi penyakit menular.

Orang yang kurang tidur atau memiliki kualitas tidur tidak baik akan lebih mudah tertular bakteri atau virus sehingga akan lebih jatuh sakit. Kualitas dan lama tidur juga akan memengaruhi seberapa cepat seseorang pulih dari penyakitnya jika sedang mengidap penyakit tertentu.

Lama tidur yang optimal tidur untuk orang dewasa biasanya antara 7 jam dan 8 jam semalam. Sementara anak usia sekolah dan remaja membutuhkan 9 jam atau lebih tidur setiap malam.

Walaupun tidur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bukan berarti tidur yang lebih lama akan membuat Anda lebih sehat.Tidur terlalu lama malah akan menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk orang dewasa, tidur lebih dari 9-10 jam setiap malam telah diketahui berkaitan dengan penambahan berat badan, masalah jantung, stroke, gangguan tidur, depresi, dan masalah kesehatan lainnya.

Ditulis dalam imunitas, lama tidur, sistem kekebalan tubuh, tidur, tidur dan kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: