Plastik Memicu Kegemukan (Obesitas) dan Diabetes

Kasus obesitas saat ini semakin tinggi hampir di semua negara, termasuk Indonesia. Meningkatnya konsumsi makanan cepat saji sering dijadikan kambing hitam meningkatnya kasus obesitas. Namun tahukah Anda ternyata ada penyebab lain dari obesitas yang selalu akrab dengan kehidupan Kita, yaitu Plastik.

Dalam plastik, didapatkan senyawa kimia bisphenol A atau dikenal dengan BPA yang diperkirakan bisa masuk ke dalam tubuh dan mengacaukan sistem hormon, yang akhirnya menyebabkan kegemukan dan diabetes.

Cara plastik menyebabkan kegemukan dan Diabetes.
Sebuah laporan penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia bisphenol A (BPA) yang terdapat dalam plastik bisa ‘menipu’ tubuh sehingga tubuh memproduksi lebih banyak lemak, selain itu senyawa BPA juga meningkatkan sekresi insulin tubuh. Jika terlalu banyak insulin yang disekresikan dalam tubuh maka dalam waktu lama tubuh akan kebal (resisten) terhadap insulin dan akan menyebabkan terjadinya kegemukan dan diabetes tipe 2.

Penelitiannya terbaru menemukan bahwa BPA mempengaruhi pankreas (organ yang memproduksi insulin). Sejumlah kecil bahan kimia BPA dapat memicu pelepasan hampir dua kali lipat insulin dari sebenarnya dibutuhkan untuk memecah makanan.

Penelitian ini membuat Kita harus lebih hati-hati dalam menggunakan alat-alat yang berbahan plastik, jika tidak ingin menjadi gemuk dan akhirnya menderita diabetes.

(dailymail)

Ditulis dalam diabetes, diabetes tipe 2, kegemukan, obesitas, plastik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: