Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat adalah salah satu gejala yang sering dialami, biasanya menyertai penyakit influenza atau bisa juga disebabkan oleh alergi ataupun penyebab lainnya. Saat mengalami hidung tersumbat kebanyakan orang akan merasa tersiksa karena susah bernafas. Lendir yang ada pada hidung harus segera dikeluarkan karena jika dibiarkan bisa memicu infeksi pada saluran pernafasan.

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi hidung tersumbat yang dikutip dari The Times of India, uraiannya adalah sebagai berikut :

1. Saat akan tidur, usahakan posisi kepala lebih tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi pembentukan lendir. Setiap gerakan dalam tidur, akan memberikan tekanan pembentukan lendir, maka dari itu usahakan untuk tetap menjaga posisi tidur dengan wajah menghadap langit-langit.

2. Bawang merah. Aroma pedas bawang merah ternyata ampuh untuk menyingkirkan hidung yang tersumbat. Anda cukup mengupas lalu memotong bawang menjadi dua, kemudian cium aroma bawang selama lima menit.

3. Konsumsi makanan pedas. Kandungan dari zat yang disebut capsaicin pada rempah pedas seperti cabai dan merica, dalam sekejap akan membersihkan rongga hidung karena lendir yang ikut keluar.

4. Minum kopi atau teh hangat, uap yang dihasilkan dari minuman panas tersebut akan membantu mengencerkan lendir.

5. Menthol, tambahkan beberapa tetes mentol ke dalam wadah berisi air panas, kemudian hadapkan wajah ke uap air tersebut dengan bantuan handuk untuk menutupi kepala dan wadah air.

Ditulis dalam bawang merah, cabai, hidung tersumbat, kopi, menthol, pilek, teh, tidur, tips sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: