Peran Orangtua Terhadap Terjadinya Kegemukan Pada Anak

Peran Orangtua Terhadap Terjadinya Kegemukan Pada Anak
Pran Orangtua

Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak Peran Orangtua Terhadap Terjadinya Kegemukan Pada Anak – Anak-anak yang orangtuanya mengikuti kelas konseling terhindar dari kegemukan di kemudian hari. Orangtua belajar cara untuk memperkuat perilaku positif anak tanpa menggunakan makanan sebagai hadiah atau tanpa menggunakan hukuman.

Program yang mengajarkan keterampilan orangtua sejak dini dapat membantu mencegah obesitas pada anak-anak Amerika Serikat. Hasil penelitian tersebut telah diterbitkan dalam journal Pediatrics edisi 6 Februari 2012.

Peran orangtua terhadap terjadinya kegemukan pada anak. Para peneliti menemukan bahwa, dua program yang bertujuan untuk mencegah masalah perilaku pada anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah dan anak-anak perkotaan prasekolah tampaknya dapat menurunkan risiko obesitas.

Dalam satu program, yang disebut ParentCorps, sekitar 24 persen anak mengalami obesitas pada usia sekitar 8 tahun. Dibandingkan dengan 54 persen dari anak-anak yang berada pada kelompok pembanding yang tidak mengikuti program.

“Risiko obesitas lebih rendah dapat dikatakan sebagai bonus, karena program tersebut tidak benar-benar berfokus pada risiko obesitas, olahraga atau diet anak-anak. Dan program tersebut berbeda dengan sebagian besar upaya yang telah mencoba untuk mengatasi masalah obesitas. Kebanyakan program bertujuan untuk mendapatkan anak-anak untuk makan lebih sedikit kalori yang kaya makanan, berolahraga lebih banyak, menonton TV lebih sedikit. Sedangkan sebagian besar upaya tersebut telah gagal,” kata Laurie Miller Brotman, seorang profesor psikiatri anak dan remaja di New York University seperti dilansir dari HealthNews, Rabu (8/2/2012).

Orangtua sangat berperan pada perilaku anak, karena orangtua lah yang mengatur dan mendidik anak untuk memiliki perilaku yang sehat. Fokus program ditujukan pada keterampilan orangtua, karena banyak orangtua perlu belajar bagaimana cara efektif untuk melakukan hal tersebut.

Pogram tersebut telah dikembangkan untuk keluarga berpenghasilan rendah di perkotaan dengan anak-anak berisiko tinggi terhadap masalah perilaku. Orang tua dan anak-anak prasekolah menghadiri 14 sesi mingguan di malam hari. Orang tua belajar, antara lain mengenai bagaimana memperkuat perilaku baik anak-anak dan bagaimana untuk mendisiplinkan tanpa hukuman fisik.

Sementara itu, anak-anak bermain game yang mengajarkan keterampilan sosial dan cara untuk mengatasi emosi. Tim peneliti telah mengamati 146 anak-anak yang secara acak ditunjuk untuk mengambil bagian dalam ParentCorps atau sebagai kelompok kontrol.

Alasan bahwa program tersebut dapat menurunkan tingkat obesitas belum dapat ditentukan dengan jelas. Meskipun program tidak fokus pada diet dan olahraga anak-anak, namun program tersebut dapat mempengaruhi hal-hal yang meningkatkan keterampilan orangtua dalam mengatur dan mendidik anak – Peran Orangtua Terhadap Terjadinya Kegemukan Pada Anak.

Ditulis dalam Anak, Ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: