Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja

Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja
Mata Lelah

Artikel Informasi Kesehatan Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja – Duduk di depan komputer dalam ruang ber-AC kabarnya dapat membuat mata menjadi kering. Pendapat ini benar adanya karena memelototi komputer untuk waktu yang lama membuat mata lebih jarang terlumasi. Apalagi ditambah terpaan angin dari AC membuat cairan mata lebih cepat kering.

Pekerja kantoran seringkali harus memandangi layar komputer untuk waktu yang lama dengan posisi duduk yang salah. Akibatnya persebaran kekuatan otot-otot punggung tidak terdistribusi secara merata dan membebani tubuh. Akhirnya, badan menjadi cepat lelah. Ujung-ujungnya, bagian yang paling terpengaruh adalah mata.

“70% bagian otak berhubungan dengan mata, yaitu daerah korteks serebral. Proses belajar dan mengingat juga berkaitan dengan mata. Jadi mata sangat mudah terpengaruh oleh kondisi fisik tubuh,” kata dr Gilbert WS Simanjuntak, Sp.M(K), dokter mata dan bedah retina RS PGI Cikini dalam acara diskusi publik yang diselenggarakan radio KBR68H di Kedai Tempo, Utan Kayu, Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Kelelahan yang dialami pada mata tersebut sebenarnya juga berasal dari kelelahan fisik, dan sebaliknya. Ditambah dengan mata kering akibat terkena AC dan lama menatap komputer, maka mata terasa cepat lelah.

Tips mengatasi mata lelah saat bekerja. Untuk mengatasinya, dr Gilbert menyarankan agar tidak menghadapkan AC atau kipas angin ke arah mata. Selain itu, pastikan postur duduk yang tegak agar otot punggung tidak cepat capek. Kalau perlu, gunakan kaca mata yang lebar untuk menahan terpaan angin dari AC atau kipas angin. Apabila mata terasa lelah, istirahatkan mata dengan memejamkan mata selama 5 menit. Terakhir, rajin berolahraga untuk memperkuat otot dan melancarkan peredaran darah ke mata.

“Tingkat kelelahan dan seberapa lama waktu yang dihabiskan hingga mata menjadi lelah berbeda-beda pada setiap orang. Cara sederhana lainnya untuk mengatasi mata lelah adalah melihat dengan jarak yang jauh. Dengan melihat benda jauh seperti melihat keluar gedung atau pemandangan akan membuat otot mata lebih rileks,” kata dr Gilbert.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja di tempat sempit lebih cepat lelah dibanding orang yang bekerja di tempat luas. Jadi jika merasa lelah di kantor, pejamkan mata selama 5 menit atau berjalan-jalanlah sebentar sambil melihat pemandangan di luar – Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja.

Ditulis dalam Penyakit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: