Cara Menenangkan Bayi Yang Menangis Setelah Diberi Vaksin

Cara Menenangkan Bayi Yang Menangis Setelah Diberi Vaksin
Vaksin

Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak Cara Menenangkan Bayi Yang Menangis Setelah Diberi Vaksin – Bagi orangtua salah satu hal yang dikhawatirkan ketika akan melakukan vaksin pada bayinya adalah tangisan yang muncul saat divaksin. Kini ada trik mudah untuk menenangkan bayi yang nangis saat divaksin, yaitu dengan trik 5 S.

Saat disuntik menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman bagi bayi sehingga ia akan menangis. Namun dokter dari Children’s Hospital of the King’s Daughters di Norfolk, Virginia menemukan cara mudah untuk membantu menenangkan bayi yang menangis tanpa menggunakan obat apa pun.

Dr John Harrington yang melakukan studi menemukan trik 5 S ini yaitu:
1. Swaddling, yaitu menyelimuti bayi dengan selimut seperti mirip burrito
2. menempatkan bayi pada posisi miring atau tengkurap
3. Membuat suara shushing
4. Mengayunkan-ayunkan bayi
5. Memberinya sesuatu yang bisa diisap seperti menyusui atau dot.

Menyusui juga membantu mengurangi nyeri dan menenangkan anak karena memberikan kontak kulit dan mengalihkan perhatian anak. Selain itu ASI mengandung gula yang dikenal memiliki efek penghilang rasa sakit.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics jika bayi mendapatkan 4 dari 5 trik tersebut biasanya tangisan akan berhenti dalam waktu 45 detik setelah disuntik.

“Beberapa dokter kadang menggunakan gula untuk mengatasi rasa sakit, tapi ini obat yang buruk karena tidak membantu mengatasi masalah obesitas yang saat ini tengah dihadapi,” ujar Dr Harrington, seperti dikutip dari CNN, Selasa (17/4/2012).

Orangtua yang menggunakan trik 5 S ini akan memicu refleks menenangkan pada bayi. Sebenarnya teknik ini bisa membantu saat bayi mengalami kolik, maka Dr Harrington memutuskan untuk meneliti apakah cara ini bisa membantu bayi yang habis divaksin.

Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa trik 5 S ini 2 kali lebih efektif untuk menenangkan bayi dibanding dengan memberikan cairan gula yang selama ini telah menjadi standar emas.

“Bayi yang nerima larutan gula masih menangis hingga 2 menit setelah disuntik, tapi sebagian besar bayi yang mendapat intervensi secara fisik berhenti menangis setelah 45 detik sampai 1 menit,” ujar Dr Harrington – Cara Menenangkan Bayi Yang Menangis Setelah Diberi Vaksin.

Ditulis dalam Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: