Anoreksia Lebih Sering Terjadi Pada Pria

Anoreksia Lebih Sering Terjadi Pada Pria
Anoreksia

Artikel Informasi Kesehatan Anoreksia Lebih Sering Terjadi Pada Pria – Selama ini, anoreksia atau obsesi berlebihan untuk kurus sampai tidak doyan makan biasanya lebih banyak diderita oleh remaja perempuan. Namun dalam 10 tahun terakhir, gangguan pola makan ini juga makin banyak diderita oleh kaum pria.

Tidak tanggung-tanggung, data yang tercatat oleh National Health Service (NHS) di Inggris menunjukkan jumlah penderita anoreksia berjenis kelamin pria naik 3 kali lipat dalam 10 tahun terakhir. Ini menunjukkan bahwa banyak pria mulai ikut-ikutan menganggap kurus itu menarik.

Anoreksia lebih sering terjadi pada pria. Data yang dirilis oleh NHS baru-baru ini menunjukkan, 74 remaja pria berusia 14 tahun ke bawah dirawat di rumah sakit pemerintah sepanjang tahun 2011. Angka tersebut melonjak lebih dari 3 kali lipat dibandingkan tahun 2001 yang hanya 24 pasien.

Demikian juga dengan kelompok usia yang lain, secara keseluruhan jumlah pria penderita anoreksia di seluruh Inggris yang tercatat oleh NHS pada tahun 2011 sudah mencapai 228 pasien. Padahal seperti dikutip dari Thesun, Selasa (10/4/2012) jumlahnya pada 2001 baru sekitar 108 pasien.

Angka sesungguhnya bahkan bisa lebih besar lagi, sebab NHS hanya mencatat data pasien yang dirawat di rumah sakit milik pemerintah. Pasien yang melakukan konsultasi lalu dirawat oleh dokter pribadi maupun klinik swasta belum termasuk dalam perhitungan ini.

Para pengamat kesehatan menilai, kecenderungan ini tidak lain merupakan akibat dari terlalu gencarnya ekspose media tentang citra tubuh yang dianggap menarik. Sama seperti perempuan, laki-laki selalu digambarkan lebih menarik jika tubuhnya semakin ramping.

Dugaan lain mengatakan, meningkatnya jumlah remaja pria penderita anoreksia disebabkan oleh stres. Tuntutan guru dan orangtua untuk belajar sepanjang waktu mengurangi waktu bermain dan bergaul, sehingga para remaja mengalami gangguan pola makan sebagai dampak langsung dari stres – Anoreksia Lebih Sering Terjadi Pada Pria.

Ditulis dalam Gizi Nutrisi, Penyakit, Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: