5 Jenis Bekal Makanan Yang Kurang Sehat Untuk Anak

5 Jenis Bekal Makanan Untuk Anak Yang Kurang Sehat
Bekal Makanan Anak

Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 5 Jenis Bekal Makanan Yang Kurang Sehat Untuk Anak – Untuk menghindari anak jajan sembarangan ketika di sekolahnya, ibu sering membawakan bekal makan siang untuk anaknya. Tetapi beberapa makanan yang Anda berikan sebagai bekal anak terkadang malah buruk untuk kesehatan anak.

Mungkin beberapa makanan akan lebih praktis untuk disiapkan di pagi hari sebelum anak berangkat sekolah. Tetapi Anda harus memperhatikan juga nilai gizi dan kebersihan suatu makanan sebelum memlilihnya sebagai menu bekal anak.

Berikut 5 jenis bekal makanan anak yang buruk untuk kesehatannya, seperti dikutip dari redbookmag, Selasa (8/5/2012) antara lain:

1. Biskuit buah

Anak-anak sangat menyukai biskuit dengan buah di dalamnya karena rasanya yang enak. Tetapi menurut dokter gigi, biskuit buah dan permen adalah penyebab kerusakan gigi yang nomor satu pada anak-anak.

Selain itu biskuit buah kadang dibuat menggunakan pewarna dan perasa buatan. Meskipun mengandung buah, biskuit buah mengandung buah asli yang telah kehilangan serat aslinya dan kandungan air yang terkandung dalam buah utuh.

2. Kue kemasan

Kue dalam kemasan mungkin memang lebih praktis untuk disiapkan sebagai bekal anak ke sekolah. Sayangnya, kue tersebut adalah salah satu sumber lemak trans yang merupakan tipe terburuk dari lemak makanan.

Kue buatan sendiri akan lebih sehat karena Anda dapat memastikan sendiri bahan-bahannya. Simpanlah dalam kulkas dan siapkan sebagai bekal makan siang anak Anda.

3. Jus kemasan

Terkadang ibu memasukkan jus yang dikemas dalam kotak atau botol ke dalam tas anak agar anak tidak jajan minuman yang tidak sehat di sekolah. Tapi ternyata jus kemasan bisa berbahaya untuk kesehatan anak Anda.

Jika gula telah bercampur dengan buah dalam bentuk jus dan dikemas, semua serat yang terkandung dalam buah akan hilang. Akan lebih baik jika Anda memasukkan buah utuh seperti apel atau jeruk ke dalam tas anak sebagai bekalnya.

4. Kerupuk

Anak-anak menyukai kerupuk yang renyah. Sayangnya, kerupuk tidak memberikan gizi pada anak. Kerupuk dibuat menggunakan pengawet yang dimasak dalam minyak yang tidak sehat.

5. Daging olahan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan daging olahan seperti hot dog, chicken nugget, dan dendeng pada saat makan siang akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

Cobalah untuk menghindari daging olahan yang dikemas seperti hot dog dan sejenisnya karena mengandung pengawet makanan. Pastikan terdapat label ‘alami’ pada kemasan makanan yang Anda pilihkan untuk anak Anda – 5 Jenis Bekal Makanan Yang Kurang Sehat Untuk Anak.

Ditulis dalam Anak, Gizi Nutrisi, Ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: