Tips Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Anemia

Tips Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Anemia
Sulit Konsentrasi Gejala Anemia

Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Tips Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Anemia – Mengalami anemia kerap menjadikan badan kita cepat terasa lemas dan letih, karena kadar oksigen tidak cukup adekut di dalam darah. Jita tidak ingin anemia menyerang, ada tips sehat yang bisa kita coba.

Anemia adalah keadaan tubuh dengan tanda-tanda sel hemoglobin yang rendah di dalam darah bisa terjadi karena kurangnya asupan nutrisi atau terjadi gangguan kesehatanyang lainnya seperti perdarahan.

Hemoglobin memiliki fungsi sebagai alat angkut oksigen ke daerah otak juga ke seluruh bagian tubuh lainnya, bila jumlah hemoglobin di dalam darah rendah itu berarti suplai oksigen bagi tubuh dan otak kurang dari kebutuhaen.

Anemia memiliki beberapa tipe, diantaranya anemia karena kkurangan zat besi, anemia karena kekurangan vitamin B-12, anemia sel sabit dan thalasemia. Dari beberapa jenis anemia yang menjadi bawaan sejak lahir adalah thalasemia karena gangguan pembentukkan sel darah merah.

Anemia bisa dicegah walaupun tidak semua. Jenis anemia karena kekurangan vitamin B-12 dan zat besi bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai nutrisi. Juga makanan dengan kandungan vitamin seperti folat acid, B-12 dan zat besi.

Ada beberapa tips sehat untuk mencegah terjadinya anemia yang bisa kita terapkan, seperti yang pernah dimuat dalam onlymyhealth:

Makanan yang kaya zat besi
Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain daging sapi dan daging lain, kacang-kacangan, lentil, sereal yang diperkaya zat besi, sayuran berdaun hijau dan buah kering.

Makanan yang kaya asam folat
Makanan kaya asam folat seperti buah jeruk, pisang, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan serta roti, sereal dan pasta yang diperkaya asam folat.

Vitamin B-12
Sumber vitamin B-12 yang baik adalah daging, produk susu, beberapa sereal dan produk kedelai, seperti susu kedelai.

Vitamin C
Makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk, melon dan buah berry, yang dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Konseling genetik
Jika Anda memiliki riwayat keluarga anemia, cobalah untuk konseling genetik. Dokter atau konselor genetik dapat menilai risiko penularan dari anemia yang diwariskan, seperti anemia sel sabit, thalassemia pada anak-anak Anda – Tips Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Anemia.

Ditulis dalam Penyakit, Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: