Minum Kopi Memperpanjang Usia

Bagi Anda pecinta dan penikmat kopi, ini adalah kabar gembira. Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari cenderung hidup lebih lama. Bahkan, risiko kematian akibat penyebab paling umum menurun sebesar 10 persen ketimbang mereka yang tidak minum kopi. Ini adalah riset berskala besar yang dilakukan para ahli dari U.S. National Cancer Institute, di mana melibatkan hampir 400.000 orang.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada 17 Mei 2012 dalam New England Journal of Medicine, mendapatkan bahwa minum kopi berhubungan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, penyakit pernapasan, stroke, diabetes, infeksi, dan cedera dan kecelakaan. Namun, peneliti menekankan, kontribusi konsumsi kopi untuk meningkatkan kesehatan masih belum jelas. Temuan ini juga tidak membentuk hubungan sebab-akibat.

Pada penelitian tersebut dilibatkan 400.000 laki-laki dan perempuan yang terlibat dalam National Institutes of Health-AARP Diet and Health Study antara tahun 1995 dan 1996. Tak satu pun dari peserta memiliki sejarah kanker, stroke atau penyakit jantung.
Setiap peserta ditanya tentang konsumsi kopi mereka, mulai dari nol sampai enam cangkir sehari atau lebih. Kondisi kesehatan partisipan dilacak sejak tahun 2008 atau sampai meninggal. Hasil penelitian menunjukkan, minum bahkan satu cangkir kopi sehari dikaitkan risiko kematian lebih rendah.

Menurut para peneliti, untuk mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan perlu benar-benar memperhatikan komponen yang berbeda dalam kopi. Selain kafein, kopi mengandung sekitar 1.000 senyawa lain dan antioksidan, beberapa diantaranya mungkin bermanfaat bagi kesehatan dan beberapa lainnya tidak. Perlu juga dipelajari cara penyajian dan pemilihan jenis kopi yang baik agar mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

Hasil penelitian bisa berbeda dengan kenyataan dimasyarakat karena sebagian besar peminum kopi juga perokok, yang telah diketahui sebagai salah satu penyebab penyakit dan kematian. Dengan kata lain, jika ingin mendapatkan manfaat kopi bagi kesehatan juga harus disertai dengan gaya hidup yang sehat, misalnya tidak merokok.

Sumber : healthdaynews

Baca Juga Artikel di bawah ini :

Kopi Mencegah Diabetes Melitus

Secangkir Kopi di Pagi Hari Baik untuk Kesuburan Pria

Kopi Menyebabkan Orang Menjadi Lebih Patuh dan Mudah dipengaruhi

Ditulis dalam kanker, kopi, kopi dan kesehatan, kopi mencegah diabetes, panjang usia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: