Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Kulit Apel

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Kulit Apel
Manfaat Kulit Apel

Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Kulit Apel – Saat makan apel, kebanyakan orang akan mengupas dan membuang kulitnya terlebih dahulu. Padahal jika sudah dipastikan bersih dan tidak tercemar zat berbahaya, kulit apel sebaiknya ikut dimakan karena bisa membantu mencegah kegemukan.

Kulit apel bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung senyawa kimia yang disebut ursolic acid. Dalam berbagai penelitian sebelumnya, senyawa ini lebih dikenal karena manfaatnya dalam membantu pembentukan massa otot dan meningkatkan kekuatannya.

Kini, penelitian terbaru dari University of Iowa membuktikan bahwa ursolic acid tidak hanya bermanfaat bagi otot tetapi juga bisa mempengaruhi metabolisme lemak. Selain meningkatkan pembakaran lemak, senyawa ini juga meningkatkan pembentukan lemak baik.

“Karena otot sangat baik dalam membakar kalori, maka peningkatan massa otot cukup menjelaskan mengapa kulit apel bisa meningkatkan pembakaran lemak,” kata sang peneliti, Prof Christoper Adams seperti dikutip dari Science Daily, Jumat (22/6/2012).

Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam junrla PLoS ONE ini juga membuktikan bahwa ursolic acid bisa meningkatkan kadar lemak coklat atau lemak baik. Peningkatan kadar lemak baik berhubungan dengan pembakaran lemak jahat yang lebih efisien.

Secara alami, manusia hanya memiliki lemak coklat dalam kadar banyak ketika masih bayi lalu berkruang ketika tumbuh dewasa. Konsumsi ursolic acid seperti yang terkandung dalam kulit apel bisa meningkatkan kembali kadar lemak coklat yang menipis.

Sayangnya penelitian yang dilakukan oleh Prof Adams ini baru dilakukan pada tikus. Namun mengingat dalam banyak hal tikus dan manusia punya kemiripan sistem metabolisme, maka hasilnya diyakini tidak akan jauh berbeda jika diterapkan pada manusia. – Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Kulit Apel.

Ditulis dalam Gizi Nutrisi, Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: