Tips Agar Diet Terasa Menyenangkan

Tips Agar Diet Terasa Menyenangkan
Ilustrasi

Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Tips Agar Diet Terasa Menyenangkan – Memang tidak mudah menjaga pola makan yang sehat, banyak yang gagal dalam diet gara-gara bosan atau lupa. Meskipun demikian, ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghindari lupa dan bosan saat sedang menjaga pola makan.

Lupa kalau sedang diet bisa disebabkan oleh melambatnya aliran darah ke otak, sehingga bagian pusat memori kehilangan fungsinya untuk mengingat-ingat. Demikian juga rasa bosan, sering muncul tiba-tiba karena bagian pengatur rasa senang di otak tidak bekerja.

Agar diet terasa menyenangkan dan tidak mudah terlupakan karena bosan, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan seperti diutip dari MensHealth.com, Kamis (2/8/2012) berikut ini.

1. Tak Perlu hindari makanan favorit
Semisal lebih suka nasi putih daripada nasi merah, maka tidak perlu ragu untuk mengonsumsi nasi putih meski nasi merah dikatakan jauh lebih sehat. Alan Aragon, MS, ahli nutrisi dari Menshealth mengatakan asalkan masih 80-90 persen sesuai dengan kebutuhan serat utuh atau dengan pengolahan minimal, maka sumber karbohidratnya tidak perlu diganti.

Penjelasan rasional dari saran tersebut adalah masalah rasa. Ketika seseorang merasa nyaman dan enak dengan makanannya, maka orang tersebut akan lebih teratur mengonsumsinya dan jika konsisten maka keberhasilannya dalam jangka panjang akan lebih besar.

2. Gunakan kedua tangan bergantian
Meski bukan orang kidal, tidak ada salahnya sesekali memegang sendok dengan tangan kiri dan garpu dengan tangan kanan. Para peneliti dari University of Southern California mengatakan bahwa makan dengan tangan yang kurang dominan bisa membuat seseorang lebih perhatian dengan apa yang dia makan sehingga terhindar dari makan berlebihan.

“Apapun yang bisa Anda lakukan pada kebiasaan fisik saat makan, pasti akan membantu,” kata David Neal, PhD, direktur Empirica Research terkait saran tersebut.

3. Seimbangkan kalori yang masuk dan yang keluar dengan olahraga rutin
Cukup seimbangkan pembakaran energi dengan asupan kalori yang dikonsumsi, sekedar untuk menghindari perasaan sia-sia karena sudah susah-susah mengatur pola makan.

Diet yang baik tidak akan ada manfaatnya kalau tidak dikombinasikan dengan aktivitas fisik yang seimbang. Aragon mengatakan bahwa olahraga sama pentingnya dengan pengaturan makan yang baik, lalu menyarankan untuk berolahraga minimal 3 kali seminggu masing-masing selama 30-60 menit. – Tips Agar Diet Terasa Menyenangkan.

Ditulis dalam Gizi Nutrisi, Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: