Menyusui Menjadikan Payudara Tetap Sehat

Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Menyusui Menjadikan Payudara Tetap Sehat
Menyusui

Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Menyusui Menjadikan Payudara Tetap Sehat – Bagi kebanyakan perempuan, payudara termasuk salah satu aset yang paling berharga untuk menunjang penampilan. Gaya hidup yang tidak sehat bisa membuatnya kelihatan lebih cepat tua, sedangkan sering menyusui akan membuatnya awet muda.

Sebuah penelitian yang mengamati 161 pasangan kembar menunjukkan bahwa tampilan buah dada dipengaruhi oleh gaya hidup. Riwayat merokok, minum alkohol dan melahirkan terlalu sering bisa membuat payudara cepat kendur dan tampak lebih cepat tua.

Sementara itu, riwayat menyusui anak justru membuatnya awet muda alias tampak kencang lebih lama. Faktor lain yang bisa membantu menjaga payudara tetap awet muda menurut penelitian ini adalah mengoleskan pelembab setiap hari dan melakukan terapi sulih hormon.

Karena diamati pada pasangan kembar identik, maka faktor genetik bisa dikesampingkan terkait adanya perbedaan penampilan payudara. Adanya perbedaan antara payudara yang tampak awet muda dan lebih tua dalam penelitian ini lebih dipengaruhi lingkungan dan gaya hidup.

“Idenya adalah mereka memiliki kesamaan genetik. Jika kita melihat perbedaan, maka itu lebih karena pengaruh lingkungan,” kata Hooman T Soltanian dari University Hospital Case Medical Center yang melakukan penelitian tersebut seperti dikutip dari CBS News, Rabu (5/9/2012).

Selain rokok dan alkohol, faktor lain dalam penelitian ini yang membuat payudara lebih cepat tua adalah indeks massa tubuh yang terlalu besar alias gemuk. Ukuran bra yang terlalu besar juga membuat payudara perempuan lebih cepat kendur dibanding pasangan kembarnya.

Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penampilan payudara, diharapkan para permepuan bisa mengurangi kebutuhan untuk melakukan operasi memperbaiki payudara. Persatuan bedah plastik Amerika Serikat memperkirakan, 316.848 perempuan memperbesar payudaranya lewat operasi pada 2011. – Menyusui Menjadikan Payudara Tetap Sehat.

Ditulis dalam Ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: