Mancing Bandeng di Banyuwangi

Kegiatan mancing merupakan salah satu kegiatan paling digemari bahkan sejak nenek moyang kita dulu menggantungkan hidupnya dengan memancing ikan baik di darat maupun di laut. Sebagai salah satu negara maritim, Indonesia memiliki spot mancing yang banyak. Hampir semua orang Indonesia pernah pergi kelaut paling tidak berwisata di pantai.

Namun, bagi yang tidak memiliki waktu untuk melaut bisa meluangkan waktunya untuk pergi ketambak.Meski ikannya tidak terlalu besar paling tidak kita bisa merasakan sensasi strike yang juga tidak kalah seru, misalnya mancing bandeng.

ilustrasi : rachmira.blogspot.com

Di Kabupaten Banyuwangi yang menjadi jujugan mancing mania khusus bandeng berada di wilayah pakis dan pakem. Wilayah ini sebenarnya adalah rawa namun sudah dialih fungsikan menjadi area pertambakan dan ada sebagaian yang menjadi wilayah perumahan. Di sini ( Tambak bandeng ) kita harus mengetahui dulu pakan yang biasa diberikan pada ikan. Hal ini bisa ditanyakan langsung kepada pemilik tambak, jika tidak tahu pakan yang diberikan sampai seharian penuh kita tidak bakalan dapat ikan satupun.

Biasanya tambak ikan di daerah pakem diberi pakan pelet ( sentrat merah atau coklat ) yang banyak di jual di toko pelet ikan. Kadang ada juga tambak tersebut tidak terawat sehingga ikannya makan lumut. Nah, inilah yang paling merepotkan pemancing. Soalnya susah sekali mancing pakai lumut bagi yang belum terbiasa mancing dengan lumut.

Pengalaman minggu sebelumnya saat mancing di tambak pakai pelet tarikannya mantap. Minggu lalu pakai pelet tidak ada yang makan sama sekali bahkan “master mancing” yang selalu bareng mancing dengan saya hanya dapat delapan (8). Sedangkan saya sendiri, start jam 8 pagi sampai jam 3 sore tidak dapat satupun. Di lain sisi ada seorang pemancing yang menggunakan lumut justru mendapat strike berkali – kali.

Jadi, jika ingin mancing bandeng persiapkanlah dulu pelet dan timba untuk mencari lumut bila diberi umpan pelet ikannya tidak mau makan.Tapi, jika punya uang banyak jangan sungkan – sungkan untuk mancing di tambak kiloan yang pastinya dijamin dapat banyak hehe. Sekian info dari saya terima kasih telah mampir di blog ini.

Ditulis dalam Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: