Tips Memilih Camilan Malam Yang Sehat

Ngemil dimalam hari sering dilihat sebagai perilaku yang kurang sehat, karena selain menyebabkan asupan kalori meningkat yang bisa saja mengacaukan program diet Anda tetapi salah memilih camilan juga bisa membuat tidur tergangu. Tetapi jika Anda mengetahui cara memilih camilan yang baik dikomsumsi saat malam hari , maka tidak hanya perut Anda yang kenyang tetapi tidur Andapun menjadi lebih mudah dan lebih nyenyak.

Rahasia dalam memilih camilan yang baik dikonsiumsi malam hari menjelang Anda tidur adalah, memilih camilan yang kaya tryptopan. Tryptophan adalah asam amino yang dapat dikonversi menjadi serotonin dan  melatonin. Melatonin  dan serotonin adalah zat kimia alami dalam otak yang memberikan efek relaksasi yang dapat membantu Anda tidur nyenyak. Dengan meningkatnya asupan tryptopan maka kadar serotonin dan melatonin dalam otak Anda juga meningkat, maka tidurpun menjadi lebih mudah. Selain kadar tryptopan pada camilan, kandungan karbohidrat kompleks pada camilan juga penting karena berperan dalam mempromosikan serotonin.

Jadi camilan yang baik dikonsumsi malam menjelang tidur adalah camilan yang kaya tryptopan dan memiliki juga kandungan karbohidrat kompleks.Berikut adalah contoh camilan sehat yang disarankan diasup satu jam sebelum tidur :

1. Pisang dan kacang
Asup sepotong pisang dengan segenggam kacang favorit Anda. Dengan mengkombinasikan kacang dan pisang, Anda akan mendapatkan tryptophan dan karbohidrat yang bisa membantu tidur Anda lebih mudah.

2. Kerupuk dan selai kacang
Olesi selai kacang di atas kerupuk gandum utuh. Ini adalah campuran karbohidrat kompleks, protein dan tryptophan yang alami.

3. Semangkuk sereal
Susu mengandung tryptophan dan sereal gandum, yang merupakan karbohidrat kompleks yang saling melengkapi. Hanya, pastikan untuk menghindari gula pada malam hari.

4. Keju
Mengunyah keju rendah lemak sebelum tidur akan memberikan persediaan tryptophan. Plus, protein tanpa lemak bisa membuat Anda tenang, menjaga gula darah Anda secara stabil.

Dalam mengkonsumsi camilan menjelang tidur perlu diperhatikan untuk makan malam setidaknya tiga jam sebelum tidur, dan camilan sekitar satu jam sebelum Anda naik ke ranjang. Jika perut Anda kosong maka Anda tidak dapat tidur dengan cepat dan nyenyak.

Jadi jangan takut ngemil dimalam hari, asal Anda tahu cara memilih camilan yang tepat……selamat ngemil dan tidur lebih nyenyak 

Ditulis dalam insomnia, makanan, nutrisi, tidur dan kesehatan, tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: