Penyebab Keputihan Pada Wanita

Penyebab keputihan kebanyakan disebabkan oleh adanya bakteri dan virus yang dapat menginfeksi lubang kemaluan / jalan lahir wanita. Hal ini adalah dampak dari gaya hidup yang tak sehat dimana kemaluan tidak dijaga kebersihannya. Faktor kebersihan merupakan salah satu penyebab utama yang membuat kemaluan menjadi terganggu. Jika kebersihan tetap terjaga maka kuman dan virus penyebab keputihan tidak akan datang menghampiri. Selain itu jika daerah kemaluan tidak bersih maka akan menyebabkan peningkatan kelembaban sehingga bakteri patogen akan mudah hinggap pada daerah tersebut. Inilah yang juga menjadi salah satu penyebab keputihan.

Penyebab Keputihan

Bukan cuma kebersihan saja yang menjadi penyebab keputihan tetapi juga tingkat stress yang dialami wanita. Semua organ tubuh kita dijalankan oleh pusat kontrol yang bernama otak, seluruh aktivitas dan rangsangan dari luar diterima oleh otak, otak mengirimkan respon yang kemudian dialirkan keseluruh organ. Nah, jika tubuh mengalami gangguan yang disebabkan oleh stress maka keseimbangan hormon dalam tubuh dapat terganggu imbasnya bisa terjadi keputihan.
Khusus bagi yang sering sakit – sakitan misalnya jalan keluar rumah saja sudah terkena flu atau batuk sebaiknya jaga kondisi badan tetap prima dengan cara berolahraga. Banyak yang jika terkena penyakit flu mengkonsumsi obat – obatan antibiotik bahkan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya sistem imunitas pada tubuh. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh obat antibiotik yakni dapat menyebabkan keputihan.

Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan juga bisa dikarenaka oleh Virus, bakteri, maupun jamur. Misalnya jamur Monilia yang masuk dalam tipe candidas berwarna putih seperti susu jika kemaluan terinfeksi jamur ini akan mengeluarkan cairan kental, berbau tidak sedap dan menimbulkan rasa gatal pada daerah kemaluan. Jika tidak segera diatasi maka bisa menjadi radang dan berwarna kemerahan.
Parasit Trichomonas
Parasit ini dapat hidup didalam kemaluan dan menular melalui hubungan badan, kloset, atau peralatan mandi. Jika kemaluan wanita terkena parasit ini akan mengeluarkan cairan kental berwarna kuning kehijauan dan berbau sangat tidak sedap. Meski menjadi salah satu penyebab keputihan tetapi tidak menimbulkan rasa gatal. Saat ditekan akan terasa sakit jika tidak segera diobati maka akan semakin parah.
Bakteri Gardnella dan Virus
Gardnella juga bertanggung jawab atas timbulnya keputihan pada wanita. Ciri – ciri jika wanita terinfkesi bakteri ini kemaluannya mengeluarkan cairan berwarna abu-abu, encer, berbau tak sedap dan berbuih. Lain halnya dengan trichomonas, bakteri gardnella justru menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Infeksi virus inilah yang paling bahaya bila tidak segera ditangani dengan baik. Herpes, HIV, Conyloma.
Ditulis dalam Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: