12 Manfaat Daun Sirih Yang Menakjubkan

Manfaat Daun Sirih tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia bahkan yang tinggal di desa sampai kota pun mengetahuinya. Pernahkah dimasa kecil Anda mengalami mimisan ? Orang tua jaman dahulu akan memberikan daun sirih yang digulung lalu dimasukkan ke dalam lubang hidung untuk menghentikan mimisan. Itu adalah salah satu contoh manfaat daun sirih yang dapat kita ambil. Masih banyak lagi manfaat lainnya yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

Manfaat Daun Sirih

12 Manfaat Daun Sirih Yang Menakjubkan
Daun sirih adalah tan`man menjalar dan mengeluarkan bau khas yang tidak dimiliki tanaman lain. Berwarna hijau saat masih muda dan kuning saat sudah tua, berbentuk hati, serta mudah ditanam dimana saja. Daun sirih banyak tersebar di seluruh Asia, di Indonesia pun sangat mudah kita jumpai tanaman yang memiliki banyak khasiat ini karena masyarakat Indonesia sadar tentang banyaknya manfaat daun sirih.
Dalam sebuah penilitian yang mempercayai Manfaat Daun Sirih sangat besar, terungkap bila daun sirih mengandung Air sebanyak 85,4 persen, protein 3,1 persen, lemak 0,8 persen, mineral 2,3 persen, serat 2,3 persen, dan karbohidrat 6,1 persen per 100 gram. Mineral tersebut antara lain kalsium, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin C. Mengandung kalori sebanyak 44 kalori. Selain itu, daun sirih juga mengandung minyak esensial, berwarna kuning muda berbau khas dan rasanya cukup tajam. Didalam minyak tersebut mengandung chavicol bernama fenol yang memiliki sifat antiseptik sangat kuat. Sedangkan kandungan lain alkaloid memiliki sifat yang sama seperti kokain.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil : Daun sirih bersifat diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Buatlah jus dari daun sirih yang dicampur dengan susu dan madu maka khasiat daun sirih akan semakin bagus untuk kesehatan.
  2. Mengatasi Kelemahan Syaraf : Jika Anda pernah mengalami keluhan seperti mati rasa, tangan tidak bisa digerakkan, atau hal – hal lain yang berkaitan dengan sensor indera perasa sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis syaraf. Kemungkinan besar Anda mengalami masalah kelemahan syaraf. Untunglah ada daun sirih, yang dapat diandalakan untuk mengatasi masalah ini, caranya dengan minum jus dari beberapa lembar daun sirih dicampur dengan satu sendok madu, diminum sehari dua kali.
  3. Mengobati Sakit Kepala : Daun sirih memiliki sifat analgesik dan mendinginkan, sifat inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kepala atau migrain.
  4. Gangguan Pernafasan : Batuk, flu, ashma, dan lain sebagainya memang tak kenal umur, dapat menyerang siapa saja entah itu anak – anak atau orang tua. Jika Anda mengalami masalah tersebut sebaiknya tanamlah daun sirih karena sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi gangguan pernafasan.
  5. Sembelit : Daun sirih yang dicelupkan ke dalam minyak jarak dan dimasukkan kedalam lubang an*s dapat mengurangi sembelit.
  6. Mengatasi Sakit Tenggorokan : Lagi – lagi manfaat madu juga berperan dalam meningkatkan khasiat daun sirih sebagai tanaman obat. Ya, jika ingin meredakan sakit tenggorokan tambahkan madu saat mengkonsumsi daun sirih.
  7. Meredakan Radang : arthritis dan orchitis merupakan salah satu radang yang dapat disembuhkan oleh daun sirih. 
  8. Merawat Luka : jika Anda mengalami masalah pada luka yang tak kunjung sembuh sebaiknya cobalah memanfaat daun sirih untuk menyembuhkan luka tersebut. Ambil daun sirih sesuai kebutuhan tumbuk sampai halus tempelkan pada luka dan diperban. Dalam dua hari luka Anda akan sembuh.
  9. Mengatasi Bisul
  10. Sakit Pinggang
  11. Melancarkan ASI
  12. Mencegah Kanker Mulut dan Bibir : inilah salah satu alasan mengapa orang jaman dahulu gemar mengunyah daun sirih. Mungkin saat ini Anda masih dapat menjumpai orang tua berusia 70 – 80an masih ada yang mengunyah daun sirih.
  13. Gusi Berdarah : ambil daun sirih lalu masukkan kedalam gelas berisi air. Gunakan air tersebut untuk berkumur.
  14. Mengatasi gatal – gatal : ambil beberapa lembar daun sirih, masukkan kedalam wadah lalu rebus dengan air. Tiriskan sampai hangat, bilas pada bagian tubuh yang gatal – gatal.
  15. Sariawan : ambil daun sirih, bersihkan dengan air. Masukkan ke  mulut kunyah sampai lumat, buang.
  16. Mengatasi Bau Mulut tak sedap : siapkan beberapa lembar daun sirih, cuci bersih, remas kemudian seduh ke dalam air panas, biarkan hingga hangat gunakan untuk berkumur.
  17. Mengatasi Keputihan : Silahkan kunjungi link tersebut
Itulah 17 Manfaat Daun Sirih yang menakjubkan dan gratis karena mudah di dapat. Jika tidak punya tanamannya sendiri dirumah, bisa meminta ditetangga pasti akan diberi. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang dapat kita ambil dari daun sirih. Untuk sementara waktu hanya ini yang dapat kami sampaikan, jika ada kesempatan akan kami berikan update mengenai Manfaat Daun Sirih.
Ditulis dalam Manfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: