7 Manfaat Daun Sirsak dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Sirsak ternyata sangat menakjubkan, daun dari buah yang asalnya dari daratan Amerika Selatan ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Selain banyak ditemukan di daerah Amerika, sirsak juga banyak ditemukan di daerah dekat sahara di benua Afrika. Meski sudah dikenal sejak lama manfaat sirsak yang sejatinya sangat besar baru saja ditemukan. Sedangkan bagian daunnya masih menjadi perdebatan tapi ada beberapa kalangan yang meyakini bila di dalam daun sirsak terdapat zat dapat melawan kanker. Tak cuma itu saja, ternyata orang jaman dulu sudah memanfaatkan daun sirsak sebagai obat alami dan mujarab asam urat. Untuk lebih jelasnya akan kami bahas satu persatu Manfaat Daun Sirsak.

Tapi sebelum mengetahui manfaat daun sirsak kita harus mengetahui dulu kandungan daun sirsak apa saja. Sebab dengan mengetahui kandungannya kita bisa mendapatkan dua wawasan sekaligus. Terutama bagi Anda yang saat ini sedang mendalami ilmu tentang pengobatan tradisional. Berikut adalah tabel Kandungan Sirsak.

Manfaat Daun Sirsak

7 Manfaat Daun Sirsak dan Cara Mengolahnya

1. Mengobati Penyakit Kanker
Sungguh tidak diduga bila pengobatan yang dilakukan oleh suku amazon pada awal tahun 90-an menjadi inspirasi peneliti farmasi dari Amerika Serikat untuk mencari obat kanker. Ya benar, orang amazon sudah lebih dulu memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati kanker sebelum masyarakat modern mengahuinya. Setelah diteliti lebih lanjut diketahui bila daun sirsak memiliki zat aktif yang dapat melawan kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Sayangnya hasil penelitian tersebut “dikubur” karena takut mengganggu penjualan kemoterapi yang “menguntungkan” bagi industri pengobatan. Sampai pada awal 2000-an tabir mengenai manfaat daun sirsak yang dapat mengobati kanker berhasil dikuak kembali.

Hebatnya lagi, yang menemukan kembali bila daun Graviola ( sebutan daun sirsak oleh ahli farmasi ) sebagai obat kanker adalah orang Indonesia adalah Pusat Penelitian Kanker Chemoprevention Universitas Gadjah Mada (UGM CCRC) Indonesia, Nur Qumara Fitriyah. Dosis yang diuji dalam pengobatan tersebut sebagai berikut :
10 daun sirsak berwarna hijau tua direbus dengan 3 gelas air atau 600 cc dipanaskan hingga tersisa satu gelas air atau 200 cc setelah itu di dinginkan, kemudian di saring lalu di  minum setiap pagi. Untuk memperoleh hasil yang maksimal obat herbal ini diberikan selama 3 – 4 minggu. Selain itu juga dibutuhkan pemeriksaan lab untuk mengetahui peningkatannya.

2. Mengobati Nyeri Pinggang
Penyakit ini adalah hal umum yang diderita oleh orang lanjut usia dimana otot dan tulang mulai raput. Bisa juga disebabkan karena asam yang meningkat dalam otot pinggang sehingga perlu di netralisir. Untunglah kini telah ditemukan berbagai macam jenis pengobatan modern yang bisa mengatasi masalah tersebut. Tapi soal harga lumayan mahal, untuk mensiasatinya gunakan daun sirsak untuk menyembuhkan nyeri tersebut.

3. Mengobati Diare Pada Bayi
Diare pada bayi seringkali membuat orang tua khususnya ibu menjadi bingung. Beruntunglah bila Anda yang mempunyai bayi tidak sengaja mampir di blog ini karena akan kami bocorkan rahasia menakjubkan dari sirsak yang dapat mengatasi diare pada bayi. Caranya, ambil perasan sirsak berikan pada bayi 3 -4 kali sehari.

4. Mengatasi Ambeien
Penyakit paling menjengkelkan yang pernah ada. Seringkali dialami oleh perempuan, entah kenapa sebabnya tapi yang jelas kini tak usah risau lagi sebab cara mengatasinya cukup mudah. Minum satu gelas air sirsak pagi dan sore niscara ambeien Anda akan tuntas. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

5. Menghilangkan Bisulan
Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tidak kenal tempat. Bisa di tubuh bisa juga diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya di wajah karena bisa mengganggu kecantikan. Untuk mengatasinya ambil 7 daun sirsak yang masih muda tempelkan pada bisul sampai mengering.

6. Mengatasi penyakiT Musiman
Pilek adalah salah satu contok penyakit musiman yang disebabkan karena menurunnya kekebalan tubuh. Influenza tidak dapat dimusnahkan didalam tubuh, virus ini hanya dapat di lemahkan kemampuannya. Yang dapat melemahkan adalah sistem imun dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika tiba – tiba kita terserang penyakit flu itu pertanda kekebalan tubuh kita menurun. Apa hubungannya dengan daun sirsak ? Ternyata daun ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit pilek.

7. Mengatasi Nyeri Otot
Pernah melihat tayangan iklan obat oles untuk mengatasi nyeri otot ? Yang punya televisi di rumah pasti pernah melihat iklan tersebut. Ternyata daun sirsak yang ditumbuk memiliki khasiat yang sama dengan obat oles tersebut. Caranya, tumbuk daun sirsak tempelkan pada bagian yang nyeri, secara berangsung nyeri tersebut akan hilang.

Manfaat Daun Sirsak

Sebenarnya bukan hanya itu saja melainkan masih banyak lagi manfaat yang dapat kita ambil dari daun sirsak. Menurut catatan yang pernah kami baca, daun sirsak dapat membantu merawat jantung, menurunkan kadar gula dalam darah, mengatasi hipertensi, menghambat serangan virus, kuman, bakteri dan parasit yang merugikan, serta  membantu menurunkan demam. Itulah sedikit informasi yang dapat kami berikan menganai manfaat daun sirsak.

 

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Gizi Nutrisi, Kesehatan, Manfaat
4 comments on “7 Manfaat Daun Sirsak dan Cara Mengolahnya
  1. epulkatama mengatakan:

    informasi yang menarik,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: