Cara Agar Cepat Besar Budidaya Jamur Di Dataran Rendah

Cara Agar Cepat Besar Budidaya Jamur Di Dataran Rendah

Masalah utama budidaya jamur pada dataran rendah adalah cuaca atau suhu yang ekstrem. Suhu tersebut mempengarahui baglog yang seharusnya ditumbuhi oleh jamur tiram malah terkontaminasi jamur liar yang tidak diharapkan, tentunya dapat merusak budidaya jamur kita. Hal ini umum dialami jika kita menggunakan baglog dengan nutrisi tinggi.

Bahkan, menurut informasi yang kami peroleh tingkat kontaminasi oleh jamur liar mencapai 85-90% hal ini sangat merugikan petani jamur di dataran rendah. Lalu bagaimana petani awam yang hanya mengerti cara budidaya jamur dengan cara biasa dapat mengatasi masalah ini ?

Penyebab utama tumbuhnya jamur liar adalah komposisi baglog yang menggunakan nutrisi terlalu tinggi sehingga memicu tumbuhnya bakteri termofilik. Hal ini lumrah terjadi pada budidaya jamur ruang inkubasi panas dan pengap karena pengaruh cuaca. Sehingga perlu adanya perhatian khusus jika ingin melakukan budidaya di daerah dataran rendah.

Jika tidak memiliki dasar yang cukup maka hanya keringat lah yang dapat dipanen oleh petani sedangkan jamurnya mati karena asupan nutrisinya diambil oleh jamur liar.

Jamur liar tidak tumbuh pada baglog dengan nutrisi rendah dan jamur budidaya tidak bisa tumbuh dengan gemuk. Kesimpulannya adalah jamur liar akan tumbuh pada baglog nutrisi tinggi yang diletakkan pada ruang inkubasi bersuhu tinggi dan pengap. Sedangkan pada nutrisi rendah jamur liar tidak tumbuh meskipun pada kondisi ruang inkubasi pengap dan panas tapi jamur budidaya tidak tumbuh dengan tebal.

Menjaga suhu dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya seperti diberi kipas angin, menyiram lantai, dan lain sebagainya. Jika suhu masih kurang ideal atur posisi baglog pada rak sedemikian rupa agar sirkulasi lancar dan baglog tidak terlampau panas.

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Budidaya, tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: