15 Cara Menambah Berat Badan Tubuh Ideal dan Sehat

Cara Menambah Berat Badan kerap menjadi masalah yang selalu mengganggu pikiran. Terutama seseorang dengan berat badan yang tidak ideal alias kurus kering. Sudah mengkonsumsi berbagai macam obat – obatan penggemuk tapi tetap saja berat badan tidak kunjung naik berarti ada yang salah dengan pola hidup yang dijalani. Orang – orang dengan tingkat aktivitas rendah cenderung memiliki berat badan dibawah rata – rata hal itu disebabkan karena aktivitas yang rendah dapat mengurangi nafsu makan. Apalagi ketika duduk – duduk tidak memakan apapun (nyamil) dalam waktu yang lama. Namun, ada juga seseorang yang mengalami masalah berat badan sejak lahir karena faktor keturunan. Untuk hal yang satu ini ada metode tersendiri dalam mengatasi seperti yang kami baca dalam sebtah artikel yang membahas Cara Menambah Berat Badan Tubuh ideal.

Cara Menambah Berat Badan

15 Cara Menambah Berat Badan Tubuh Ideal dan Sehat
Berikut ulasan yang kami dapatkan dari beberapa sumber mengenai Cara Menambah Berat Badan.
1. Makan Lebih Sering
Jika Anda salah satu diantara orang yang makannya sedikit sebaiknya makan dalam kurun waktu lebih sering. Misalnya porsi makan Anda saat ini hanya setengah piring dengan rentang 3 x 1 hari, ubahlah menjadi 5 -6 porsi dalam jangka waktu satu hari. Dengan begini, maka asupan gizi ketika nafsu makan sedikit dapat diatasi.
2. Tingkatkan Asupan Kalori
Kalori merupakan zat paling penting dalam proses menambah berat badan, banyak terkandung dalam beras dan gandum. Selain itu, ada beberapa makanan ringan yang juga banyak mengandung kalori misalnya : roti, popcorn, mentega, keju, alpukat, puding, dan lain sebagainya. Sehingga sangat baik dikonsumsi saat Anda sedang menjalankan aktivitas sebagai camilan.
3. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi
Asupan nutrisi dibawah rata – rata menjadi penyebab tubuh tidak ideal. Penyebabnya bisa dikarenakan memang kurangnya pengetahuan sehingga jarang makan makanan yang banyak mengandung nutrisi atau terjadi gangguan asupan nutrisi. Jika Anda salah satu yang kurang pengetahuan tentang makanan bernutrisi tinggi : kacang – kacangan, buah, dan sayur adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi. Konsumsilah jenis makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga dapat menambah berat badan.
4. Hindari Minuman Keras
Minuman keras dapat menggangu penyerapan nutrisi sehingga hindarilah minuman tersebut. Termasuk juga hindari minuman yang mengandung soda, kopi, dan minuman sejenis yang sedikit mengandung kalori. Apalagi jenis minuman tersebut tidak memiliki nilai gizi yang bagus. Perbanyak minum minuman seperti susu dan jus segar.
5. Jangan Minum Sebelum Makan
Saat perut kosong pasti akan merasa lapar, kadang tenggorokang terasa kering seperti susah menelan. Banyak orang kurus minum sebelum makan agar melancarkan tenggorokan tapi sayang tindakan ini malah dapat mengurangi nafsu makan sehingga porsi makan menjadi berkurang.
6. Makan Snack
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bila ada beberapa jenis makanan ringan yang banyak mengandung kalori. Periksalah, kandungan nutrisi yang berada di belakang kemasan, biasa disitu tertera secara jelas jumlah kalori, vitamin, protein, dan lain sebagainya.
7. Makan Sebelum Tidur
Orang – orang dengan berat badan di bawah rata – rata cenderung lebih suka begadang atau susah tidur. Hal ini disebabkan karena perut dalam keadaan kosong. Untuk mengatasinya, sebaiknya makanlah makanan sebelum tidur. Proses penyerapan dan perbaikan sel tubuh dilakukan saat tidur pada jam – jam 9 malam sampai pagi.
8. Fitnes atau latihan beban
Mungkin inilah cara menambah berat badan paling efektif yang pernah saya ketahui. Bagi Anda kaum lelaki dengan berat badan di bawah rata – rata sebaiknya mulai sekarang ikutilah kegiatan fitnes. Sebab, fitnes atau latihan angkat beban dapat menambah nafsu makan dan meningkatkan massa otot. Fitnes dapat dilakukan dirumah dengan cara push up, sit up, angkat barbel atau apapun yang dapat dijadikan untuk melatih kekuatan otot.
9. Olahraga teratur
Joging dipagi hari selain dapat menyehatkan paru – paru ternyata juga dapat dijadikan sebagai metode untuk menambah berat badan. Tubuh yang digunakan untuk beraktivitas cenderung membutuhkan lebih banyak makanan dan nutrisi alias cepat lapar.
10. Mengontrol Lemak dan Gula
Inilah yang bahaya saat kita menjalani masa diet dalam rangka menambah berat badan. Kadang kita tidak menyadari bila orang kurus pun bisa kelebihan gula dan lemak dalam darah. Sehingga perlu adanya makanan penyeimbang seperti buah – buahan, gandum, yoghurt dan madu.

Cara Menambah Berat Badan

15 Cara Menambah Berat Badan Tubuh Ideal dan Sehat
11. Tidur secara teratur
Tidur siang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama organ jantung. Bahkan beberapa waktu lalu ada perusahaan di Amerika Serikat yang memberikan waktu khusus kepada karyawan untuk tidur siang. Selain itu saat malam hari sebisa mungkin tidur lebih awal dari biasanya. Begadang atau tidur terlalu malam dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga tidak baik untuk kesehatan.
12. Stop Merokok Mulai Sekarang
Sejak jaman dulu rokok sangat mudah dijumpai dan dijual secara bebas. Jika pada tahun 70an rokok dijadikan sebagai lifestyle “kalau nggak merokok kurang keren” kini seperti sebuah boomerang yang siap menghancurkan organ tubuh vital Anda. Meski tak langsung merusak, jika konsumsi berlebihan dapat mengganggu pencernaan sehingga perokok cenderung memiliki tubuh yang kurus. Untuk berhenti merokok sangat susah, harus mempunyai motivitasi dan dukungan lingkungan yang kuat. Tak ada salahnya belajar mengurangi rokok dan kurangi makan makanan pedas. Sebab, sehabis makan pedas kalau tidak merokok seperti ada yang kurang.
13. Konsultasi kepada ahli gizi
Datangilah ahli gizi di kota Anda, sebab dengan begitu Anda bisa langsung mengetahui letak kesalahan pola hidup mana yang menyebabkan tubuh kurus. Disana nanti akan diberi tips yang sesuai dengan kebutuhan sehingga tepat sasaran.
14. Disiplin dan Konsisten
Inilah yang menjadi faktor penentu dalam menjalani masa penambahan berat badan yakni dispilin dan konsisten. Tanpa ada kemauan yang kuat dan disiplin yang konsisten sangat sulit untuk mencapai berat badan ideal.
15. Berdoa
Jangan lupa berdoa sebelum makan, apapun agama dan kepercayaan kita tentu menganjurkan untuk berdoa sebelum makan serta mensyukuri apa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai cara menambah berat badan semoga artikel ini dapat memberikan Anda motivitasi. Tidak ada yang tidak mungkin, jika kita mempunyai keinginan dan motivitasi yang kuat semua dapat terwujud dengan mudah. Jangan jadikan cara tersebut sebagai beban tapi jadikanlah sebagai teman terbaik bagi kita. Dengan begitu maka akan semakin mudah menambah berat badan agar ideal dan sehat.
Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Kesehatan, tips, tips sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Posts & Halaman
Kategori
%d blogger menyukai ini: